Jumat, 01 Mei 2009

Never Ending Story

Start : July, '04

End : June, '07

Spot : SMA Negeri 7 Pontianak

Masa SMA memang masa-masa yang indah. Bisa dibilang masa SMA itu penuh dengan dinamika, masa pencarian jati diri, dan masa-masa yang dilalui tanpa beban. Jadi keinget masa-masa sekolah dulu, rasanya pengen terus seperti itu…

*Flashback mode: on

Chapter 1

Pagi itu, di kelas XE. Jadwalnya pelajaran Bahasa Inggris, diajar oleh Bapak Bahasa Inggris tentunya (kebiasaan manggil guru dengan sebutan mata pelajaran yang diajarkan). Masih pagi memang, tapi gak tau kenapa, setiap kalimat yang keluar dari mulutnya semakin mengantar kita ke alam tidur yang jauh lebih dalam. Ku liat teman-teman sekelas, sebagian kaum lelaki udah berhasil terhipnotis, sebagian wanita asik dengan dunianya sendiri. Ngeliatin jam, masih jam segitu-segitu aja, berharap ada seseorang berhati mulia yang memutar jam kantor kearah 09.45 (jam istirahat). Fiuhh, guru pelajaran yang membosankan…

Akhirnya suara yang paling membahagiakan mampir ke telinga kita “bel istirahat”. Ajaib, makhluk-makhluk yang tadi berada di alam bawah sadar kembali hidup seperti sedia kala, cepet banget ngumpulin nyawa. Kelas yang tadinya sepi kayak kuburan tiba-tiba jadi… tetep kayak kuburan, tapi menjelang bulan puasa. Rame…

Kita -sekitar 8 orang- cepet-cepet melangkahkan kaki ke tujuan utama, kantin. Berhubung kelas kita jauh dari kantin, walaupun udah cepet-cepet tetep aja pas nyampe disana terpaksa ngantre buat pesen makanan. Istirahat yang cuma 15 menit kepotong buat nunggu pesanan.

“Eh, udah jam 10 nih. Masuk yuk”

“Habis ini apa sih?”

“Geografi…”

“Ohh,, bentar lagi lah.. Baru juga selesai makan, palingan juga ibu masuknya ngaret.”

Dengan santainya kita tetap duduk manis di kantin. Gak lama kemudian…

“Kayaknya kelas udah sepi.. Balik yuk..”

Ternyata pas udah di depan pintu kelas:

“Cuy, ibu udah masukk…”

*tampang innocent:

“Bu, maap kita terlambat…”

“Dari mana kalian?”

“Dari kantin bu..”

“Dari kantin??!! Istirahat udah lewat dari 10 menit! Silakan belajar diluar, bawa buku geografi kalian dan belajar di depan kelas!”

Temen-temen yang di dalem bukannya nolongin, malah pada cekikikan. Dasar.. Kita gak boleh ikut pelajarannya (secara halus: belajar di luar), harus nunggu di selasar depan kelas sampe jam pelajarannya selesai.

Alhasil, dapet tatapan aneh dari kakak-kakak kelas ganteng kecengan kita, halah. Tapi kenapa tampang kita waktu itu tetep santai tanpa beban yak? Malah terkesan bergembira ria karena gak belajar, hahaha… Hukuman yang salah…

Chapter 2

Bulan Ramadhan, Rohis ngadain acara buka puasa dan sahur bareng, nginep di sekolah. Sama panitia anak-anak dibagi jadi beberapa kelompok. Nurut ajah dah, yang masih kelas X.

Acaranya, setelah sholat tarawih masing-masing kelompok nampilkan kreativitasnya. Karena kita taunya dadakan dan tetap ingin menampilkan yang terbaik, setelah sholat Isya berjamaah kita langsung kabur, latihan koreografi di halaman sekolah, buat lagu “Subhanallah, Walhamdulillah, Astaghfirullah, Allahuakbar….” -Judulnya apa sih? Yang jelas lagu itu emang lagi populer-populernya karena dipake buat soundtrack salah satu sinetron Ramadhan- dan kita “terpaksa” gak ikut sholat tarawih. Harap maklum lah, namanya juga ababil, ABG labil, hahaa..

Hasilnya? Gak menang juga sih, tapi tetep hepiii….

Chapter 3

Pramuka ngadain acara, big camp di Pantai kura-kura. Padahal kita bukan anak pramuka, cuma ngikut big campnya aja. Tapi kok keliatannya kita yang lebih bersemangat yah? Sehari sebelumnya sibuk belanja buat keperluan besok (semua orang yang mau kemping gitu juga kalee). Pagi-pagi datang paling awal kesekolahan. Bawaan kita juga lebih komplit dibanding yang punya acara (baca: repot)

Berhubung bukan anak pramuka, ya suka-suka kita. Kita cuma ngikutin acara yang –menurut kita- seru. Kalo mereka bangun subuh, kita-kita bangunnya siangan dikit. Mereka upacara, kita ngadem di tenda. Hah, terkesan seperti pengacau. Biarin, kita kan tamu…

Ada 1 kejadian yang buat kita ngerasa bersalah banget waktu itu.

Hari kedua big camp. Kita seharian ikut acara outbond, mendaki gunung. Karena kecapean sorenya langsung pada tidur. Tengah malem kita dilanda kelaperan akut.

“Duh,, laper nih… Di tas masih ada roti gak?”

“Yah, udah abis.”

“Eh, kita kan masih punya nugget”

“Oh iya… Tapi kan belum digoreng..”

“Ya digoreng dulu…”

“Di luar? Males ah, kan gelaap…”

“Iih, daripada kita kelaperan…“

“Iya, lagian ada kakak pembina yang tidur di luar kok..”

“Ya udah, bangunin yang lain dong…”

“Ih, apa sih ribut-ribut?”

“Goreng nugget yuk, laper nih”

“Nggak ah, kalian aja. Ngantuk nih…”

“Iih, ayo lah… Rame-rame, takut nih…”

Tiba-tiba salah satu anak pramuka nangis histeris. Kenapa??? Gaswat!!!

“Yang punya tempat” marah! Ngerasa terganggu dengan keributan kita tengah malam itu. Kebetulan temen kita yang satu itu bisa “ngeliat” dan dia yang “ditegor”, dia nangis sejadi-jadinya, dan satu tenda jadi kebangun gara-gara ulah kita.

Deuhh, maap yak…

Chapter 4

Kelas XII, udah berani ngerjain guru. Pelajaran geografi (lagi), masih dengan guru yang sama seperti kelas X dulu. Kebetulan di kelas XII beliau jadi wali kelas kita.

Ibu cuap-cuap di depan, kita sekelas pada ngautis di belakang. Setelah beberapa menit…

“Ibu kok gak ngerasa dikerjain sih?”

Satu persatu temenku mulai berulah. Ada yang -tetep- tidur, ada yang dengerin MP3 sambil ngetok-ngetok meja, ada yang baca komik dibalik buku pelajaran, ada yang SMSan, ada yang ketawa cekikikan.

Ngerasa ibu udah mulai gerah, tiba-tiba:

“Bu, izin ke belakang…”

Temen satunya:

“Bu, izin pulang bentar ngambil LKS” *hah?!

Klimaks:

“Kalian kalau gak mau ikut pelajaran saya silakan tunggu diluar. Ibu capek-capek ngajar demi kalian, malah kalian yang gak menghargai ibu!”, ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Di tengah emosi yang mulai memuncak, 2 temen kita yang tadi “izin” dateng dengan membawa tart…

“Happy birthday to you… Happy birthday to you…

Happy birthday… Happy birthday… Happy birthday to you…”

Loh, kok nangisnya malah makin jadi?? Ibu terharu nak…

“Make a wish bu…”

“Doain kita semua lulis ujian dengan hasil yang membanggakan…”

Kita sekelas minta kado “Bu, pake jilbab dong...”

Beberapa hari kemudian beliau pake jilbab (emang hidayah bisa dateng kapan aja dan dari mana aja, tanpa terkecuali dari kami, murid-muridnya)

***

Banyak banget kejadian yang udah kita lalui barsama, gaiz. Senyum ceria melihat semua keriangan yang ada… Such a very memorable things to be kept..

Sayangnya, masa-masa yang indah itu tidak berlangsung lama, hanya tiga tahun. Ketika saat-saat terakhir usai ujian akhir, maka mulailah saat-saat menuju perpisahan..

Teman-teman seangkatan punya ide ngadain acara perpisahan secara private. Malam yang bakal jadi unforgettable moment, setelah 3 tahun bersama. Tentunya lebih personal dari acara promnight yang diadakan secara resmi oleh sekolah, karena hanya ada kita, teman seangkatan tanpa ada guru-guru dan adik kelas. Akhirnya dipilih tempat, salah satu cottage dekat pantai.

Dan acara yang paling ditunggu tiba “Malam Api Unggun”. Kita berkumpul di tepi pantai, membentuk lingkaran yang solid.

Satu per satu sahabat mulai mengungkapkan semua uneg-uneg yang selama ini terpendam. Mungkin bisa disebut pengakuan dosa. Kebahagiaan, kekesalan, kekecewaan, kekaguman, rasa terima kasih, semua terungkapkan.. Ternyata 3 tahun bersama belum cukup, masih banyak hal yang belum terungkap dari para sahabat. Dan mulai saat itu gak ada lagi rahasia.

Malam itu, kita menyatu untuk sebuah perpisahan…

Malam itu, jadi satu malam untuk seribu siang yang telah kita lalui bersama…

Malam itu, air mata tumpah mengenang masa-masa yang telah kita lalui dengan canda tawa…

Malam itu, kita berpelukan setelah selama ini jalan bergandengan…

Malam itu, sejuta bintang jadi saksi persahabatan kita, hingga detik ini, dan seterusnya…

Malam itu, 1 Juni 2007…





Tidak ada komentar:

Posting Komentar